Friday 19 December 2014

Penilaian Kompetensi Sosial; Bersikap Inklusif, Bertindak Obyektif, Serta Tidak Diskriminatif


Penilaian kinerja guru pada kompetensi sosial (sub kompetensi 11); bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan. Pada kompetensi ini diharapkan guru menghargai peserta didik, orang tua peserta didik dan teman sejawat. Guru bertindak inklusif, serta tidak diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan masyarakat sekitar. Guru menerapkan metode pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran semua peserta didik.
Indikator:
  1. Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
  2. Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
  3. Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
Proses Penilaian:
1.  Selama Pengamatan
  1. Amati bagaimana guru membagi waktunya dalam berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok.
  2. Amati bagaimana guru melakukan interaksi (bertanya, berdiskusi, dsb) dengan  peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas.
  3. Amati bagaimana guru menghargai proses dan hasil kerja peserta didik yang dianggap baik.
  4. Amati bagaimana guru menangani persaingan yang tidak sehat antarpeserta didik.
  5. Amati bagaimana guru manangani peserta didik yang melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya diskriminasi etnik, gender, agama, dsb).
  6. Amati apakah guru memberikan perhatian yang sama terhadap setiap peserta didik,  atau  hanya memberikan perhatian terhadap peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu.
2.  Pemantauan
Tanyakan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, atau koordinator PKB tentang:
  1. hubungan dan kepedulian guru terhadap teman sejawat dan orang tua peserta didik; dan
  2. kontribusi guru dalam berbagai diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya
sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

1 comment: