Ada dua cara menilai kinerja guru dalam PKG, yaitu melalui pengamatan
dan melalui pemantauan. Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai kinerja
guru melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan
proses pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan. Pemantauan adalah
kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen,
wawancara dengan guru yang dinilai, dan/atau wawancara dengan warga
sekolah.
Kompetensi
|
Cara Menilai
|
Pedagogik
| |
1. Menguasai karakteristik peserta didik
|
Pengamatan & pemantauan
|
2. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
3. Pengembangan kurikulum
|
Pengamatan
|
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
5. Pengembangan potensi peserta didik
|
Pengamatan & pemantauan
|
6. Komunikasi dengan peserta didik
|
Pengamatan
|
7. Penilaian dan evaluasi
|
Pengamatan
|
Kepribadian
| |
8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional
|
Pengamatan & pemantauan
|
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
Pengamatan & pemantauan
|
10. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
Pengamatan & pemantauan
|
Sosial
| |
11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif |
Pengamatan & pemantauan
|
12. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
Pemantauan
|
Profesional
| |
13. Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Pengamatan
|
14. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
Pemantauan
|
0 komentar:
Post a Comment