Penilaian kinerja guru dilakukan di sekolah oleh kepala
sekolah/madrasah. Apabila kepala sekolah tidak dapat melaksanakan
sendiri (misalnya karena jumlah guru yang dinilai terlalu banyak), maka
kepala sekolah dapat menunjuk Guru Pembina atau Koordinator Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan atau guru lain yang memenuhi kriteria sebagai
penilai. Disarankan, seorang penilai melakukan penilaian kinerja guru
maksimal 5 orang. Pengawas sesuai dengan tupoksinya dapat ditugaskan
oleh Dinas Pendidikan setempat melaksanakan kegiatan supervisi
pelaksanaan penilaian kinerja guru di sekolah. Penilaian kinerja kepala
sekolah/madrasah dilakukan oleh Pengawas Sekolah yang ditugaskan oleh
Dinas Pendidikan setempat. Penilai harus memiliki kriteria sebagai
berikut.
- Menduduki jabatan/pangkat paling rendah sama dengan jabatan/pangkat guru/kepala sekolah/madrasah yang dinilai.
- Memiliki Sertifikat Pendidik.
- Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dan/atau menguasai bidang kajian guru/kepala sekolah/madrasah yang akan dinilai.
- Memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Memiliki integritas diri, jujur, adil, dan terbuka.
- Memahami penilaian kinerja guru dan dinyatakan memiliki keahlian serta kemampuan untuk menilai kinerja Guru/Kepala sekolah/madrasah (diutamakan yang telah mengikuti pelatihan PK Guru dan Guru yang mendapat tugas tambahan serta PKB)
Jika Kepala Sekolah/madrasah, Guru Pembina, dan Koordinator Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan memiliki latar belakang bidang studi yang
berbeda dan/atau tidak menguasai bidang kajian guru yang akan dinilai,
maka penilaian kinerja dapat dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah
dan/atau Guru Pembina/Koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan
atau guru lain yang memenuhi kriteria sebagai penilai dari Sekolah lain
yang memiliki kriteria yang dipersyaratkan, tetapi jika tidak ada
penilai yang memenuhi kriteria tersebut maka dapat dilakukan oleh
penilai dengan latar belakang pendidikan serumpun dari sekolah lain.
Penetapan penilai dari sekolah lain dilakukan atas permohonan kepala
sekolah tempat guru bertugas dan dikoordinasikan dengan Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota. Sedangkan dalam penilaian kinerja kepala
sekolah dapat dilakukan oleh Pengawas Sekolah yang memiliki latar
belakang pendidikan yang serumpun dari kabupaten/kota lain. Penetapan
pengawas penilai kepala sekolah dilakukan atas permohonan Kepala Dinas
Kabupaten/Kota dimana kepala sekolah yang akan dinilai bertugas.
Penilai kinerja guru ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah atau Dinas
Pendidikan dengan masa kerja paling lama tiga (3) tahun. Kinerja penilai
dievaluasi secara berkala oleh kepala sekolah atau Dinas Pendidikan
dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yang berlaku. Untuk
sekolah yang berada di daerah khusus, penilaian kinerja guru dilakukan
oleh kepala sekolah/madrasah dan/atau Guru Pembina setempat.
Sumber:
Kemdikbud. 2012. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kemdikbud
Kemdikbud. 2012. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kemdikbud
0 komentar:
Post a Comment